Wisata AlamWisata Jogja

Tempat Wisata Jogja “Goa Pindul : Naik Ban Yang Gelap-gelapan”

tempat wisata jogja goa pindul

Tempat Wisata Jogja Seru

Salah satu tempat wisata Jogja yang banyak di minati wisatawan yaitu Goa Pindul. Goa Pindul adalah sebuah objek wisata alam yang menawarkan sensasi naik ban di sungai yang menuju ke gorong-gorong gua. Ban di sini maksudnya adalah pelampung berbentuk bulat yang memungkinkan seseorang buat duduk di atasnya, tanpa terjungkal, jatuh dan miring-miring. Memang wisata ini sangat unik karena nantinya para pengunjung akan berbanjar duduk naik pelampung, antar pelampung akan disambungkan dengan tali. Di mana nantinya seluruh peserta wahana ini bakalan ditarik maupun didorong oleh pemandu. Koordinasi gerak tim sangat mempengaruhi kelajuan ban.

Objek wisata Goa Pindul menjadi salah satu spot favorit para turis karena tidak sekadar susur gua belaka, tapi turis juga dimanjakan dengan sensasi susur sungai pula. Oleh karena harus menyusuri sungai yang cukup tenang airnya yang mengindikasikan kedalaman, maka seluruh peserta juga mengenakan rompi pelampung untuk lebih safety. Jangan khawatir bagi wisatawan yang tidak bisa berenang pun tetap bisa naik wahana ban pelampung Pindul ini karena pemandunya sangat banyak dan terlatih. Peralatan yang dipakai di tubuh peserta pun sangat aman, jadi tidak bakal tenggelam.

Sepertinya objek wisata gua yang dikemas dengan cara unik naik ban pelampung hanya ada satu-satunya di Indonesia karena memang faktor lokasi Pindul Cave sendiri yang berada di aliran begini. Memang benar mayoritas gua itu dialiri air, tapi biasanya tidak sampai dibuka untuk publik besar-besaran seperti Pindul, sampai-sampai terpikirkan ide menaikkan pengunjung ke atas ban pelampung, agar mereka tidak perlu berenang sendiri sebagaimana kebanyakan cave tubing kan harus berenang sendiri.

Luasan Goa

Ukuran Goa Pindul cukup besar, yakni 350 meter panjangnya, sedangkan lebarnya 5 meter. Inilah yang membuat formasi peserta wahana ban pelampung harus berjajar memanjang karena ruangannya cukup sempit. Jarak antara atap gua dengan permukaan atas air hanyalah 4 meter. Untuk kedalaman air di dalam gorong-gorong gua beragam, mulai dari 5 hingga 12 meter.

Untuk menyusuri seluruh bagian Goa Pindul, kurang lebih dibutuhkan waktu 45-60 menit. Terdapat beberapa pembagian zona berdasarkan tingkat terang ruangannya, yaitu zona terang, zona remang dan zona gelap. Meskipun di dalam ruangan gelap atau remang, nanti pemandu akan menyalakan senter dan lampu. Alangkah baiknya wisatawan juga membawa headlamp sendiri maupun menyewa, supaya lebih jelas melihat pemandangan di dalam gua.

Goa Pindul merupakan tempat wisata Jogja yang sangat terkenal dan ramai sekali tiap harinya, apalagi saat weekend. Dalam sehari bisa mencapai ribuan orang hilir-mudik naik pelampung. Untuk mencegah kerusakan lingkungan, pemerintah melalui dinas lingkungan hidup menghimbau agar jumlah pengunjung dibatasi, hanyalah maksimal 2600 orang per hari. Jumlah ini masih cukup fantastis, ya? Apalagi sebelum dibatasi, sepertinya bisa mencapai 5000 orang.

www.mahananitours.com

-ASH-

Bagikan halaman ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *