Wisata AlamWisata Jogja

Tempat Wisata Yogyakarta : Air Terjun Lepo

tempat wisata yogyakarta air terjun lepo

Tempat Wisata Yogyakarta

Air Terjun Lepo terletak di desa Dlingo, Bantul, Yogyakarta. Kurang lebih 1,5 jam dari pusat kota Yogyakarta. Untuk menuju ke sana, acuannya adalah Imogiri dan kantor camat Dlingo. Oleh karena letaknya di pelosok, jangan malu buat bertanya jika tersesat! Meskipun tergolong belum lama dijadikan wisata komersil, Lepo Waterfall terus berbenah sehingga layak menjadi destinasi tempat wisata Yogyakarta yang patut dipertimbangkan. Air terjun ini sering pula disebut Grujugan Lepo Dlingo yang kurang lebih artinya sama, air terjun Lepo Dlingo. Untuk masuk ke sana, pengunjung harus merogoh kocek sebanyak Rp5000/orang. Sedangkan tarif parkir diberlakukan tarif rata-rata parkir wisata Jogja, yaitu Rp3000 untuk motor dan Rp5000 untuk mobil.

Air terjun Lepo tidak terlalu tinggi, kucuran airnya itu kurang lebih hanya 1,5 meter yang terdiri dari 3 grujugan. Namun yang menarik adalah kolam-kolam penampungan airnya yang terdiri dari 4 kolam dengan beda kedalaman. Sehingga air terjun ini juga bagus dijadikan kolam renang. Namun tetap harus hati-hati karena standar keamanan kolam renang alami tentu belum SNI, apalagi standar internasional. Jadi pastikan Anda memang jago berenang, sebelum menceburkan diri.

Penyegar Suasana

Tempat wisata yogyakarta ini sangat cocok untuk mereka yang bosan dengan suasana perkotaan dan pantai. Wisata alternatif Jogja ini dapat menjadi wahana baru untuk mengajak keluarga liburan di kala weekend. Bagi yang memiliki anak kecil, sebaiknya siapkan pula pelampung agar anak lebih aman saat bermain air. Namun karena kolamnya cukup dalam, sebenarnya hanya anak di atas 8 tahun saja yang disarankan untuk berenang, ini pun dalam pengawasan orang tua.

Jika Anda sedang berwisata ke daerah Imogiri, jangan lupa ya mampir ke Air Terjun Lepo! Airnya yang hijau dan bersih akan mengingatkan pada kenangan masa lalu. Saat masih muda suka mandi di sungai! Di era di mana pencemaran lingkungan sudah sangat tinggi, memang alangkah baiknya mencoba merasakan suasana perairan jernih di air terjun ini. Sebab kebanyakan air terjun bersumber langsung dari mata air pegunungan sehingga masih asli dan bening airnya.

Air terjun Lepo dapat menjadi sarana edukasi pada anak zaman sekarang untuk mau mencoba bermain dengan alam, layaknya anak zaman dulu. Selain itu juga akan memberikan pembelajaran tersendiri tentang pentingnya menjaga kelestarian alam. Maka tak heran bila objek wisata curug Lepo ini sering menjadi tujuan studi tour anak-anak sekolah dari dalam Jogja maupun luar provinsi istimewa ini.

Untuk wisatawan yang enggan repot menyiapkan bekal makanan, di sini juga banyak pedagang yang menjual aneka jajanan ringan dan makanan berat. Di sela-sela berendam, sambil menyantap aneka gorengan, bakso atau mie pasti sangat lezat. Selain itu di wilayah sekeliling air terjun Lepo juga banyak pedagang kuliner ala Jogja yang bisa dicoba.

www.mahananitours.com

-ASH-

Bagikan halaman ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *