Wisata AlamWisata Jogja

Wisata Jogja Unik : Gunung Api Purba Nglanggeran

wisata jogja unik gungung api purba

Gunung Api Jadi Wisata Jogja Unik

Kadang wisatawan mencari Wisata Jogja Unik untuk berlibur. Wisata Jogja Unik salah satunya adalah Gunung Api Purba Nglanggeran Gunung Nglanggeran adalah gunung api yang telah mati, usai letusan dasyatnya sekitar 70.000.000 tahun yang lalu. Berada sangat dekat dengan gunung Ireng karena sama-sama berada di kawasan Patuk, Gunung Kidul. Tinggi gunung ini hanyalah 2300 kaki atau setara 700 meter di atas permukaan air laut. Sama seperti gunung Ireng, gunung ini pun sering didaki oleh wisatawan karena puncak Nglanggeran menawarkan pemandangan yang sangat cantik. Kontur tanah Nglanggeran didominasi oleh batu breksi dan aglomerat sehingga jika musim hujan cukup licin.

 

Postur gunung Nglanggeran memang pendek, namun tergolong gunung api aktif, artinya pernah meletus mengeluarkan lava di masa lalu. Mungkin banyak yang bertanya-tanya, kenapa sependek ini kok bisa meletus? Ternyata karena Nglanggeran dulunya adalah gunung api bawah laut, sama seperti Krakatau. Oleh karena aktivitas pergerakan lempeng, akhirnya gunung ini menyembul ke atas dan dalam jutaan tahun setelahnya, membentuk seperti sekarang.

 

Tidak seperti gunung Ireng Yogyakarta yang tidak ada simpang siurnya penuh cerita mistis, gunung Nglanggeran justru terkenal dengan fenomena horor yang selalu terjadi di sana, seperti terdapat tujuh keluarga yang tinggal di sekitaran puncak. Mengapa mereka tinggal di sana? Sepertinya karena sudah turun-temurun, makanya mereka jadi enggan pindah ke tempat lain.

 

Unik dan Aneh

Anehnya, jumlah keluarga yang bisa tinggal di puncak Nglanggeran sejak dulu hanyalah 7 saja. Kalau lebih dari 7 kepala keluarga, pasti akan mati. Dan kalau sampai kurang dari 7 KK juga bakalan ada saja bencana di sana, seperti wabah penyakit. Ini sebenarnya kepercayaan yang syirik juga sih! Tapi memang beginilah urban legend yang ada di sana. Mungkin segala kesialan di sana memang dipengaruhi karena energi kegelapan yang kuat.

 

Walaupun horor, pesona gunung Nglanggeran untuk didaki tiada habisnya. Melihat sunset dan sunrise dari ketinggian puncak Nglanggeran bisa membuat kita semakin bersyukur atas karya Tuhan yang sudah menciptakan alam Jogja yang mempesona ini. Jadi, saat Anda liburan ke Jogja, jangan lupa mampir ke gunung purba bawah laut ini, ya?

 

Meskipun gunung api purba Nglanggeran horor, jangan takut buat mendakinya sendirian! Gunung ini juga cukup ramah pada solo traveler karena ramai orang yang mendaki, sehingga kita tidak akan tersesat kalau ke sana. Tapi sebaiknya kalau ke sana jangan hanya bawa badan, tapi harus bawa logistik berupa makanan, minuman, senter, jas hujan dan peralatan masak. Jika perlu bawa pula tenda dan sleeping bag jika memang niatnya untuk camping.

 

Harga tiket masuk ke gunung Nglanggeran terbilang paling mahal di antara jajara gunung purba lainnya di kabupaten Gunung Kidul. Kenaikan ini terjadi pada tahun 2016, yaitu menjadi Rp15.000/orang di waktu pagi hingga siang dan Rp20.000/orang di waktu malam hari. Tapi harga ini sebanding kok dengan keindahan dan kepuasan yang akan didapat.

www.mahananitours.com

-ASH-

Bagikan halaman ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *